UAM MANAJEMEN


1. Managemen  ialah sebuah seni untuk mengatur sesuatu, baik orang ataupun pekerjaan.Pengertian manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja dalam team. Dalam sebuah penerapannya manajemen memiliki subyek dan obyek. Subyek adalah orang yang mengatur sedangkan obyek adalah yang diatur.Mengapa manajemen perlu dipelajari? Karena Manajemen pada dasarnya dalam sebuah pekerjaan sulit dilakukan sendiri perlu pembagian tugas kerja dan wewenang dalam meyelesaikannyasehingga menghasilhkan suatu hasil yang baik yang akanmeningkatkan daya guna dan hasil guna semua potensi yang dimiliki.

2. Fungsi manajemen

a. Perencanaan (planning) yaitu kegiatan untuk menyusun rencana yang akan dilaksanakan untuk sebuah usaha agar usaha tersebut tersusun dengan baik.
b. Pengorganisasian (organizing) yaitu kegiatan untuk mengatur atau membagi tugas wewenang dan tanggung jawab pada sebuah usaha agar tujuan usaha tersebut tercapai.
c. Pergerakan (actuating) yaitu kegiatan untuk mendorong tugasnya agar tercapai keberhasilan sesuai yang diharapkan sehingga dalam sebuah usaha dapat berkembang dengan baik.
d. Pengawasan (controlling) yaitu kegiatan untuk melaksanakan tugas dengan benar mengikuti apa yang direncanakan.

Alat (tools) manajemen
a. Men atau orang yang akan diajak bekerja sama dalam usaha yang akan kita buat atau kita capai.
b. Method yaitu cara atau strategi untuk mencapai suatu harapan dalam sebuah usaha.
c. Materials yaitu bahan yang digunakan dalam usaha apakah bahan tersebut baik dan berkualitas agar menghasilkan pula hasil yang baik dari produk tersebut.
d. Machines yaitu alat kerja yang digunakan dan diperlukan dalam usaha untuk membantu proses pembuatan sebuah produk.
e. Money yaitu modal atau biaya yang digunakan dalam usaha tersebut yang biasanya berupa uang.
f. Market adalah pemasaran produk yang mana hasil usaha diperjualbelikan atau tempat untuk mempertunjukan produk
g. Informations adalahdata yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki nilai dan arti bagi organisasi.
--> Penerapan tools dan function pada perusahaan kecil dan besar dilihat dari segi orang yang diajak bekerjasama kita harus tau karakter orang tersebut dan kemapuannya dalam hal usaha agar dapat membantu usaha yang kita jalani agar lebih maju, kemudian pada hal strategi pada umumnya sama dilakukan promosi baik di perusahaan besar maupun kecil. lalu pada bahan yang digunakan yang akan menjadi hasil dari usaha tersebut harus bahan yang berkualitas agar setelah menjadi hasilnya nanti menjadi produk yang berkualitas juga banyak diminati konsumen. kualitas dari produk juga dapat berpengaruh pada alat yang digunakan pada perusahaan tersebut alat yang digunakan apakah canggih atau alat masih menggunakan cara manual. tentu saja dalam hal modal yang dikeluarkan pada perusahaan besar lebih besar modalnya dibandingkandari perusahaan kecil karena dilihat dari segi alat dan juga bahan yangdigunakan. pemasraran atau market pada hal nya sama yaitu pasti di tempat tempat yang ramai banyak pengunjungnya tetapi yang membedakannya dari segi kualitas dan kuatitas dari poduk tersebut. informasi yang digunakan dewasa ini lebih canggih karena adanya media sosial jadi lebih mudah mendapatkan informsi tapi ada juga yang lewat mulut ke mulut dalam mengetahui informasi.
3. Mungkin dalam menentukan hal ini leader tersebut harus ditentukan dari segi atau sisi yang manakah atau termasuk kriteruia mana apakah top managemen, midle managemen atau juga low managemen.
4. Proses penyusunan rencana langkah pertama yaitu mengidentifikasi masalah atau menemukan masalah sehingga dapat ditentukan tujuan dan sasaran yang dicapai. Langkah yang kedua yaitu mengumpulkan informasi yang relevan dan lengkap yang berupa data dan fakta sehingga pencapaian rencana akan terlaksana dengan baik. Lalu menganalisa informasi yang telah ada selanjutnya diolah, dihitung dan dibandingan sehingga diketahui hubungan antara infomasi satu dengan yang lainnya. selanjutnya dengan menghubungkan informasi satu dengan yang lainnya dibuat pemilihan rencana yang dapat dilaksanakan. dengan begitu juga harus memilih rencana yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang telah diperhatikan pada saat pengidentifikasian masalah. dan yang terakhir menentukan urutan tindakan agar urutan pelaksanaan secara terperinci.
5.Manajemen strategi adalah seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mencapai tujuan. 
Visi ialah suatu pemikiran jauh kedepan tentang sebuah lembaga ataupun perusahaan dan lain-lain. Visi dapat juga diartikan sebagai tujuan jangka panjang dan cara apa yang harus gunakan untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan atau lembagaMisi ialah sebuah keinginan yang harus dicapai oleh perusahaan atau lembaga dalam usaha untuk mewujudkan visi tersebut.
Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang sistematis dan dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut.
6.Yang harus dilakukan adalah menentukan jenis tugas sesuai dengan tujuan organisasi yang telah ditetapkan atau jenis ini juga disebut dengan departementasi kemudian membagi tugas kepada penempatan orangnya sesuai kemampuannya dan juga memberikan tugas kepada tiap orang agar menimbulkan rasa tanggungjawab.
7. Contoh :
Impor pertanian Indonesia sangat tinggi untuk komoditas pangan seperti gandum, kedelai, jagung dan beras. Dari semua impor yang dilakukan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, mungkin keempat komoditas itulah yang paling tinggi jumlah impor nya. Padahal Indonesia terkenal sebagai negara agraris.
Lalu, kebijakan apa dan bagaimana yang bisa dilakukan pemerintah utuk mengurangi impor keempat komoditas tersebut? Menurut pandangan saya, upaya yang dapat dilakukan dibagi menjadi dua tahap, yaitu jangka pendek dan jangka panjang tetapi tidak untuk gandum, yang memang tidak bisa ditanam di Indonesia (sehingga harus tetap impor dari luar negeri).
pendapat : Untuk jangka pendek, tidak banyak yang bisa dilakukan kecuali mengurangi tingkat konsumsinya dan menaikkan (kebijakan) tarif impor yang saat ini dinilai (sangat) rendah , tetapi kebijakan ini sangat beresiko .

Dan untuk jangka panjangnya, ada banyak langkah yang (mungkin) bisa diterapkan pemerintah, yaitu :
1. Memajukan teknologi sektor pertanian yang bertujuan meningkatkan produksi dalam negeri, karena saat ini teknologi pertanian di Indonesia masih sangat tertinggal dari negara2 lain.
2. Memberi subsidi pupuk kepada para petani agar menghasilkan produk yang maksimal, karena harga pupuk yang semakin mahal membuat petani semakin tertekan.
3. Menggenjot petani agar meningkatkan kuantitas dan kualitas produknya agar tidak kalah dari produk komoditas impor.
4. Pemerintah memaksimalkan penyerapan beras dari petani lokal untuk ketahanan pangan nasional, karena saat ini Bulog selalu impor saat stok produknya semakin menipis.
8. -->Tahap kreatifitas
Kreativitas para pendiri organisasi merupakan tahap awal dari evolusi suatu organisasi.Bentuk kreativitas ini biasanya dalam mengembangkan produknya dan pasar.Desain organisasi pada tahap ini masih berupa struktur sederhana dan pengambilan keputusan dikontrol oleh manajer-pemilik atau top manajemen.  Komunikasi antar tingkatan di dalam organisasi berlangsung intensif dan informal. Krisis yang muncul pada tahap awal pertumbuhan organisasi adalah krisis kepemimpinan.
-->Tahap pengarahan
Pada tahap pengarahan desain organisasi makin birokratis, komunikasi antar tingkatan menjadi formal dan spesialisasi pekerjaan mulai diterapkan, seperti aktivitas produksi dan pemasaran.Pengambilan keputusan pada tahap ini bermuara pada manajemen baru dan manajer tingkat bawah tidak diikut sertakan. Keadaan ini akan menimbulkan krisis otonomi, dimana manajer tingkat bawah akan mencari pengaruh yang lebih besar di dalam pengambilan keputusan.
-->Tahap pendelegasian
Pada tahap pendelegasian manajer tingkat bawah mempunyai otonomi yang lebih besar dalam menjalankan aktivitas unit kerjanya, sedangkan top manajemen lebih berkonsentrasi pada perencanaan strategis jangka panjang. Krisis yang muncul dari tahap pendelegasian adalah krisis kontrol.
-->Tahap koordinasi
Tahap ini muncul sebagai akibat dari krisis kontrol pada tahap pendelegasian. Koordinasi sangat diperlukan oleh manajer lini dari unit-unit staf  dan kelompok-kelompok produk dalam menjalankan fungsinya. Namun adanya koordinasi juga menimbulkan konflik garis-staf yang menyita banyak waktu dan energi, sehingga muncul krisis birokrasi.
-->Tahap kerjasama
Kerjasama yang kuat antar individu di dalam organisasi merupakan jalan keluar dari krisis birokrasi pada tahap koordinasi.Budaya organisasi menjadi substitusi bagi kontrol formal manajemen organisasi.
9. Kunci sukses seorang manager adalah berkomunikasi dengan orang lain sehingga orang lain dapat lebih mengenal kita dan juga dilihat dari keterampilan berbiacara atau berkomunikasi meliputi mendengarkan orang lain agar proses komunikasi berjalan.
10. Controlling adalah pengawasan ataukegiatan untuk mengusahakan agar pelaksanaan tugas mengikuti apa yang direncanakan sehingga tujuan tercapai.Pengawasan manajemen adalah suatu usaha sistematik untuk menetapkan standar pelaksanaan dengan tujuan-tujuan perencanaan, merancang sistem informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang telah diterapakan sebelumnya, menentukan dan mengukur penyimpangan­penyimpangan, serta mengambil tindakan koreksi yang diperlukan untuk menjamin bahwa semua sumber daya perusahaan digunakan dengan cara paling efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan perusahaan.
11.  Motion study and time study adalah suatu studi tentang gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pekerja untuk menyelesaikan pekerjaannnya. Dengan studi ini ingin diperoleh gerakan-gerakan standard utnuk penyelesaian suatu pekerjaan, yaitu rangkaian gerakan-gerakan yang efktif dan efisien. Studi mengenai ini dikenal sebagai studi ekonomi gerakan yaitu studi yang menitik beratkan pada penerapan prinsip-prinsip ekonomi gerakan.
12.
 a. Science adalah sekimpulan pengetahuan yang telah disistemasi, dikumpulkan dan diterima menurut pengertian kebenaran umum, mengenai keadaan suatu subjek dan objek tertentu
b. Art atau Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.Art/seni adalah suatu kreatifitas pribadi yang kuat dan disertai keterampilan.
c.  Science management (manajemen ilmiah) adalah suatu kumpulan pengetahuan yang disistemtisasi, dikumpulkan dan diterima menurut pengertian kebenaran-kebenaran universal mengenai manajemen.
d. art  manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan. Mengenai inipun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan segolongan yang lain mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu
e. Scientific Management adalah teori manajemen yang menganalisa dan menstandarkan pekerjaan, merekrut dan melatih pekerja dengan spesifikasi tertentu, dan menyediakan insentif yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas.
f.  metode ilmiah adalah serangkaian langkah langkah berupa melakukan identifikasi masalah, mengumpulkan data dalam cakupan masalah yang ada, memilah data untuk mencari hubungan, merumuskan hipotesis atau dugaan ilmiah sementara, menguji hipotesis secara tepat dan mengonfirmasi hipotesis/dugaan ilmiah apabila terdapat temuan temuan baru dalam eksperimen yang dilakukan.
g.  scientific manager adalah manajemen yang menggunakan ilmu (science) dan scientific method.

Komentar